ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SD NEGERI 5 METRO UTARA

VIA INKA ELISKA, 1913053002 (2023) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA TOPIK PECAHAN KELAS V SD NEGERI 5 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK VIA)
ABSTRAK VIA INKA.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img] File PDF (SKRIPSI TANPA LAMPIRAN)
SKRIPSI VIA TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2025Kb)
[img]
Preview
File PDF (SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN)
SKRIPSI VIA TANPA BAB IV DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1634Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar matematika peserta didik pada soal cerita topik pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika peserta didik pada soal cerita topik pecahan. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengambilan sumber data dengan cara purposive sampling yang berjumlah 32 peserta didik kemudian jawaban peserta didik dianalisis dan diambil 5 jawaban peserta didik yang mewakili kesalahan yang sering dilakukan serta melakukan wawancara dengan pendidik. Sumber data penelitian adalah peserta didik dan pendidik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner (angket), tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah kesalahan memahami masalah (comprehension), kesalahan proses perhitungan (process skill), dan kesalahan menarik kesimpulan (encoding). Faktor penyebab kesulitan belajar matematika peserta didik dapat dibuktikan dari faktor internal yaitu: (1) tingkat kecerdasan peserta didik, (2) sikap peserta didik, (3) motivasi belajar peserta didik, (4) kesehatan tubuh peserta didik, (5) kesulitan memahami konsep pada peserta didik, (6) kesulitan berhitung pada peserta didik, (7) kesulitan memecahkan masalah pada peserta didik, sedangkan faktor eksternal yaitu: (1) variasi mengajar pendidik, (2) penggunaan media pembelajaran dan lingkungan sekolah, (3) lingkungan keluarga. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika pada soal cerita topik pecahan yaitu memberikan latihan soal secara rutin dan bekerjasama dengan orangtua peserta didik dalam memotivasi belajar soal cerita topik pecahan. Kata kunci: Kesulitan, pecahan, soal cerita.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301101034 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:27
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71068

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir