TRANSFORMASI PROSESI NGEDIYO KE PERTUNJUKAN TARI DAN PEMANFAATANNYA PADA MATA KULIAH SASTRA LAMPUNG DI PENDIDIKAN TINGGI

DEWI, ASMARAWATI (2023) TRANSFORMASI PROSESI NGEDIYO KE PERTUNJUKAN TARI DAN PEMANFAATANNYA PADA MATA KULIAH SASTRA LAMPUNG DI PENDIDIKAN TINGGI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2234Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tahapan transformasi prosesi ngediyo ke pertunjukan tari, bentuk yang dihasilkan, dan pemanfaatanya pada mata kuliah sastra Lampung di Pendidikan Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis dari tahap transformasi prosesi ngediyo ke pertunjukan tari, bentuk pertunjukan jago damar yang dihasilkan dari hasil transfromasi prosesi ngediyo, dan pemanfaatan output penelitian pada mata kuliah sastra Lampung. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dan kepustakaan dengan analisis deskriptif. Sumber data berasal dari mahasiswa program studi Pendidikan Tari Universitas Lampung dan dosen pengampu mata kuliah. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesi ngediyo ditransfromasikan dalam pertunjukan dengan judul karya jago damar. Proses transformasi dilakukan dengan 3 tahapan yaitu pengembangan konsep, tahap improviasi dan eksplorasi, dan tahap pembentukan (forming) atau komposisi. pengembangan konsep menghasilkan tema jago damar. Jago damar merupakan kegiatan muli mekhanai menjaga damar (menjaga lampu) yang dilakukan dengan suasana suka cita. Proses eksplorasi pertunjukan jago damar terdiri dari eksplorasi gerak, eksplorasi musik dan eksplorasi tata rias dan busana. Komposisi yang dihasilkan diklasifikasikan dalam tiga bagian yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Bentuk pertunjukan yang dihasilkan dari transfromasi prosesi ngediyo adalah pertunjukan jago damar pada aspek gerak, pola lantai, rias dan busana dan musik iringan. Kata Kunci: transformasi, prosesi ngediyo, pertunjukan jago damar The problems discussed in this study are the stages of the transformation of the ngediyo procession into dance performances and how the shape is produced. The purpose of this study is to describe the results of the analysis of the transformation stage of the ngediyo procession into a dance performance, and the form of the damar damar show resulting from the transformation of the ngediyo procession. This study uses qualitative methods with descriptive analysis. Sources of data come from students of the Unila Dance Education study program and lecturers in charge of the subject. The research data was collected by observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques were carried out by data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study show that the ngediyo procession is transformed into a performance titled Jago Damar. The transformation process is carried out in 3 stages, namely concept development, improvisation and exploration stages, and forming or composition. concept development resulted in the rooster theme. Jago damar is an activity of muli mekhanai guarding damar (guarding the lights) which is carried out with an atmosphere of joy. The exploration process for the damar damar show consists of exploration of movement, exploration of music and exploration of make-up and clothing. The resulting composition is classified into three parts, namely the initial part, the main part and the final part. The form of performance resulting from the transformation of ngediyo is a damar damar performance in the aspects of movement, floor patterns, make-up and clothing and musical accompaniment. Keywords: transformation, ngediyo procession, jago damar performing Permasalahan sai dibahas dilem penelitian ijo iyolah tahapan transformasi prosesi ngedio dak pertunjukan tari serto nyocaro bentuk sai dihasilkan. Tujuan penelitian ijo iyolah mendeskripsikan hasil analisis anjak tahap transformasi prosesi ngedio dak pertunjukan tari, jamo pertunjukan jago damar sai dihasilken anjak hasil transformasi prosesi ngedio. Penelitian ijo ngegunoken metode lapangan jamo kepustakaan. Sumber data berasal anjak mahasiswa program studi pendidikan tari unila jamo dosen pengampu mata kuliah. Data penelitian dikupulken jamo teknik observasi, wawancara jamo dokumentasi. Teknik analisis data dilakuken jamo reduksi data, penyajian data jamo penarikan kesimpulan. Maso penelitian nyulukken bahwa prosesi ngedio ditransfomasiken dilem pertunjukan jamo judul karya jago damar. Proses transformasi dilakuken jamo tigo tahap iyolah pengembangan konsep, tahap improvisasi jamo eksplorasi, Jamo pembentukan (forming) atau komposisi. Pengembangan konsep ngehasilken tema jago damar. Jago damar merupoken kegiatan muli mekhanai ngejago damar (menjaga lampung) sai dilakuken jamo suasana suka cita. Proses eksplorasi pertunjukan jago damar terdiri anjak eksplorasi gerak, eksplorasi musik jamo jamo eksplorasi tata rias jamo busana. Komposisi sai dihasilken diklasifikasiken dilem tigo bagian iyolah bagian awal, bagian inti, jamo bagian akhir. Bentuk pertunjukan sai dihasilken anjak transformasi ngedio iyolah pertunjukkan jago damar anjak aspek gerak, pola lantai, rias, jamo busana jamo musik iringan. Kata Kunci: transformasi, prosesi ngediyo, pertunjukan jago damar

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: 2301607128 . Digilib
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:40
Terakhir diubah: 18 Apr 2023 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71084

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir