PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN 1 NATAR LAMPUNG SELATAN

Ramlan Ginting, ANDRY AGUSTINUS (2014) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN 1 NATAR LAMPUNG SELATAN. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (375Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (1010Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pemanfaatan media Gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas deskriptif sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 20 responden. Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik penunjangnya adalah dengan menggunakan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Chi kuadrat bahwa x2 hitung lebih besar dari x2 tabel, (x2 hit ≥ x2 tab), yaitu 16,73 ≥ 9,49 pada taraf signifikan 5% (0,05) dan taraf signifikan 1% (0,01) diperoleh x2 hitung lebih besar dari x2 tabel, (x2 hit ≥ x2 tab), yaitu 16,73 ≥ 13,3 dengan derajat kebebasan = 4 yakni dengan kontigensi 0,55 dan koefisien kontigen Cmaks = 0,816 terletak pada keeratan pengaruh diatas 0,56 (kategori tinggi). Sehingga dari hasil pengujian tersebut diketahui bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media gambar cetak terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Kesimpulannya adalah ada pengaruh pemanfaatan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Kata Kunci : “Pemanfaatan Media Gambar, Hasil Belajar”.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:18
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir