ANGELINA, SANTAULI SIHOMBING (2023) PROSES PEMBELAJARAN VOKAL SOLO DENGAN METODE SOLFEGIO DI KELAS IX SMP FRANSISKUS BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1639Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (790Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru seni budaya di SMP Fransiskus Bandar Lampung menggunakan Metode Solfegio dengan tujuan agar siswa lebih aktif, kreatif dan komunikatif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Vokal Solo dengan Metode Solfegio di kelas IX SMP Fransiskus Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Vokal Solo dengan Metode Solfegio dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu: tahap permulaan, tahap pembelajaran, dan tahap evaluasi/tindak lanjut. Pada tahap pembelajaran siswa diberikan Metode Solfegio yang dibagi menjadi 3 kemampuan: kemampuan membaca (sight reading), kemampuan mendengan (ear training), kemampuan menyanyi (sight singing). Siswa diberikan notasi yang belum pernah dikenal sebelumnya atau sering disebut dengan sight reading. Ear training dilakukan dengan cara memberikan kesempatan untuk siswa mendengarkan suara yang menghasilkan beberapa nada kemudian siswa diminta untuk menyuarakannya kembali. Sight singing dapat dilatih guru dengan cara memberikan beberapa notasi untuk kemudian dinyanyikan dengan solmisasi. Pada kesimpulan nya, proses pembelajaran Vokal Solo yang menggunakan Metode Solfegio dapat mendorong siswa untuk mengatasi kesulitan dalam mempelajari lagu, sekaligus dapat membentuk vokal yang lebih baik dan melatih kepekaan siswa terhadap nada/not. Kata kunci: Metode Solfegio, Proses Pembelajaran, Vokal Solo
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian 700 Seni, seni rupa, kesenian > 780 Musik |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Musik |
Pengguna Deposit: | 2301557773 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 06:58 |
Terakhir diubah: | 18 Apr 2023 06:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71103 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |