Tiara, Farashinta (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. FKIP, Universitas Lampung .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI TIARA FARASHINTA FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TIARA FARASHINTA TANPA PEMBAHASAN..pdf Download (3615Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara dan motivasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bumirejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap keterampilan berbicara dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 40 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan pada nilai keterampilan berbicara Fhitung = 9,62 ≥ Ftabel = 4,41 sedangkan pada nilai motivasi belajar Fhitung = 5,99 ≥ Ftabel = 4,41 dan rata-rata N-Gain untuk keterampilan berbicara menunjukkan antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 0,54 dengan kategori “Tinggi” dan rata-rata N-Gain antara pretest dan posttest kelompok kontrol yaitu 0,41 dengan kategori “Sedang”. Selisih N-Gain kedua kelompok yaitu 0,13 dan rata-rata N-Gain untuk motivasi belajar menunjukkan antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 0,80 dengan kategori “Tinggi” dan rata-rata N-Gain antara pretest dan posttest kelompok kontrol yaitu 0,53 dengan kategori “Sedang”. Selisih N-Gain kedua kelompok yaitu 0,17. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara dan motivasi belajar di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata kunci: motivasi belajar, keterampilan berbicara, model pembelajaran student facilitator and explaining, pengaruh.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2301685394 . Digilib |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 04:55 |
Terakhir diubah: | 26 Apr 2023 04:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71128 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |