PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Tiara, Farashinta (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. FKIP, Universitas Lampung .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TIARA FARASHINTA FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TIARA FARASHINTA TANPA PEMBAHASAN..pdf

Download (3615Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara dan motivasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bumirejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap keterampilan berbicara dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control grup design. Populasi penelitian berjumlah 40 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji statistik t-test sparated varians. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan pada nilai keterampilan berbicara Fhitung = 9,62 ≥ Ftabel = 4,41 sedangkan pada nilai motivasi belajar Fhitung = 5,99 ≥ Ftabel = 4,41 dan rata-rata N-Gain untuk keterampilan berbicara menunjukkan antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 0,54 dengan kategori “Tinggi” dan rata-rata N-Gain antara pretest dan posttest kelompok kontrol yaitu 0,41 dengan kategori “Sedang”. Selisih N-Gain kedua kelompok yaitu 0,13 dan rata-rata N-Gain untuk motivasi belajar menunjukkan antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu 0,80 dengan kategori “Tinggi” dan rata-rata N-Gain antara pretest dan posttest kelompok kontrol yaitu 0,53 dengan kategori “Sedang”. Selisih N-Gain kedua kelompok yaitu 0,17. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara dan motivasi belajar di kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata kunci: motivasi belajar, keterampilan berbicara, model pembelajaran student facilitator and explaining, pengaruh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301685394 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2023 04:55
Terakhir diubah: 26 Apr 2023 04:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71128

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir