Analisis Hubungan Antara Faktor Sosiodemografi Terhadap Medication Literacy Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Satelit Kota Bandar Lampung

SEKAR, ANASTRY PUTRI (2023) Analisis Hubungan Antara Faktor Sosiodemografi Terhadap Medication Literacy Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Satelit Kota Bandar Lampung. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1 ABSTRAK.pdf

Download (173Kb) | Preview
[img] File PDF
2 SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3519Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3 SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2753Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyakit kronik yang memerlukan terapi pengobatan dalam jangka panjang atau seumur hidup. Kepatuhan pasien diperlukan untuk mempertahankan efektivitas terapi. Medication literacy menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai kepatuhan terapi pasien. Faktor sosiodemografi, kondisi pasien dan pelayanan kesehatan diduga berkontribusi terhadap medication literacy pasien hipertensi. Kepatuhan terapi berkaitan dengan medication literacy yang meliputi pengetahuan, sikap, perilaku/praktik dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan hubungan faktor sosiodemografi terhadap medication literacy pasien hipertensi di Puskesmas Satelit. Metode: Jenis penelitian adalah studi observasional-analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 105 pasien hipertensi di Puskesmas Satelit Kota Bandar Lampung. Kriteria inklusi adalah bersedia diwawancara, berusia ≥18 tahun dengan diagnosis hipertensi, pengobatan rutin ≥ 3 bulan, dan/atau memiliki penyakit penyerta lain. Kriteria eksklusi adalah ibu hamil dan memiliki keterbatasan berkomunikasi. Analisis statistik bivariat dilakukan dengan uji Chi-Square dan multivariat dengan regresi logistik yang disajikan bentuk tabel. Hasil: Hasil analisis menunjukkan responden memiliki tingkat medication literacy dengan kategori tinggi pada aspek knowledge yaitu 63 responden (60%), aspek practice yaitu 56 responden (53,3%), dan skill yaitu 56 responden (53,3%). Adapun aspek attitude didominasi kategori rendah yaitu 61 pasien (58,1%). Analisis multivariat menunjukkan komponen yang paling berpengaruh terhadap medication literacy aspek (knowledge) adalah usia (p=0,046), tingkat pendidikan (p=0,000), dan durasi penyakit hipertensi (p=0,025). Aspek practice berhubungan signifikan dengan tingkat pendidikan (p=0,024), aspek attitude dan skill tidak berhubungan signifikan dengan faktor sosiodemografi (p>0,05) pasien hipertensi di Puskesmas Satelit. Kesimpulan: Terdapat pengaruh dominan dari usia, dukungan keluarga, dan status pekerjaan terhadap knowledge, serta pengaruh tingkat pendidikan terhadap practice. Kata Kunci: Sosiodemografi, medication literacy, pengetahuan,sikap, keterampilan perilaku/praktik, hipertensi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Farmasi
Pengguna Deposit: 2301033985 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2023 03:12
Terakhir diubah: 02 May 2023 03:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71185

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir