PERBANDINGAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL TANAMAN RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv Mott.) DENGAN METODE MASERASI DAN SOKLETASI

NUNGKY, PAWARTI (2023) PERBANDINGAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL TANAMAN RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv Mott.) DENGAN METODE MASERASI DAN SOKLETASI. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img] File PDF
2_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak

Latar Belakang: Tanaman Rumput Gajah Mini berpotensi sebagai kandidat antioksidan alami. Metode ekstraksi mendukung diperolehnya aktivitas antioksidan yang baik pada simplisia tanaman. Metode ekstraksi maserasi dan sokletasi sering diaplikasikan dalam penyarian senyawa metabolit sekunder. Kedua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaan tersebut akan menyebabkan perbedaan jenis dan kuantitas senyawa pada ekstrak yang dihasilkan sehingga mempengaruhi tingkat kekuatan aktivitas antioksidan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa metabolit sekunder, aktivitas antioksidan dan perbedaan kekuatan aktivitas antioksidan pada sampel yang diektraksi dengan metode maserasi dan sokletasi. Metode: Sampel tanaman rumput gajah mini diekstraksi dengan metode maserasi dan sokletasi. Untuk menguji kandungan senyawa metabolit sekunder ekstrak etanol tanaman rumput gajah mini digunakan metode analisis kualitatif berupa reaksi warna. Kemudian untuk menguji aktivitas antioksidan digunakan metode DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazyl). Data hasil uji aktivitas antioksidan dari metode maserasi dan sokletasi diolah dengan Ms. Excel untuk mengetahui nilai IC¬50¬. Dari nilai IC¬50 ¬selanjutnya dilakukan pengkategorian nilai IC¬50 sesuai dengan kekuatannya untuk mengetahui perbedaan kekuatan antioksidan pada kedua metode tersebut. Hasil: Hasil skrining fitokimia ekstrak etanol tanaman rumput gajah mini yang diperoleh dari metode maserasi dan sokletasi menunjukkan adanya kandungan senyawa metabolit sekunder berupa alkaloid, saponin, tanin, fenol dan terpenoid. Aktivitas antioksidan pada metode maserasi memiliki nilai IC¬50¬ sebesar 57,28 ppm yang termasuk ke dalam antioksidan kategori kuat. Antioksidan Aktivitas antioksidan ekstrak etanol pada metode sokletasi memiliki nilai IC¬50¬ sebesar 30,24 ppm yang termasuk ke dalam antioksidan kategori sangat kuat. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol tanaman rumput gajah mini memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder berupa alkaloid, tanin, saponin, fenol dan terpenoid. Aktivitas antioksidan ekstrak etanol hasil metode maserasi memiliki nilai IC50 sebesar 57,28 ppm dengan kategori kuat sedangkan aktivitas antioksidan ekstrak etanol hasil metode sokletasi memiliki nilai IC50 sebesar 30,24 ppm dengan kategori sangat kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan ekstrak etanol tanaman rumput gajah mini dari metode sokletasi memiliki aktivitas antioksidan yang lebih baik dibandingkan dari hasil metode maserasi. Kata Kunci: DPPH, Maserasi, Metabolit Sekunder, Sokletasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Farmasi
Pengguna Deposit: 2301221645 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2023 07:26
Terakhir diubah: 02 May 2023 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71191

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir