FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN DIGITAL CITIZENSHIP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Chika, Tiara Sari (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN DIGITAL CITIZENSHIP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1557Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1460Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan digital citizenship pada mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lampung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian mahasiswa PPKn Universitas Lampung angkatan 2020, 2021, dan 2022. Sampel penelitian berjumlah 57 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik pendukung yaitu wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruh pembentukan digital citizenship yaitu berpikir kritis sebanyak 52,63% mahasiswa mampu membedakan informasi hoaks dan valid serta mampu mencari tahu kebenaran suatu informasi dengan membandingkan beberapa sumber informasi, keterampilan berkomunikasi sebanyak 61,40% mahasiswa mampu berkomunikasi dan berdiskusi dengan baik di media sosial sehingga dapat menyampaikan ide dan gagasan dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti, dan keamanan digital sebanyak 47,37% mahasiswa memahami tentang mengamankan aktivitas digital dan memproteksi identitas pribadi. Berdasarkan hasil penelitian terhadap ketiga faktor tersebut, maka dapat disimpulkan bahwasanya faktor yang paling mendominasi pembentukan digital citizenship adalah faktor keterampilan berkomunikasi. Kata Kunci: Digital Citizenship dan Mahasiswa This study aims to explain and describe the factors that influence the formation of digital citizenship in Pancasila and Citizenship Education students at the University of Lampung. The research method uses a descriptive method with a quantitative approach. The research subjects were PPKn students at the University of Lampung, batches of 2020, 2021 and 2022. The research sample consisted of 57 respondents. Data collection techniques using the main technique, namely questionnaires and supporting techniques, namely interviews. The results of the study show that the factors that influence the formation of digital citizenship are critical thinking as much as 52.63% of students are able to distinguish fake and valid information and are able to find out the truth of information by comparing several sources of information, communication skills as much as 61.40% of students are able to communicate and discuss well on social media so that they can convey ideas and ideas in polite and easy-to-understand language, and digital security as much as 47.37% of students understand about securing digital activities and protecting personal identity. Based on the results of research on these three factors, it can be concluded that the factor that most dominates the formation of digital citizenship is the communication skill factor. Keywords: Digital Citizenship and Students

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301522403 . Digilib
Date Deposited: 19 May 2023 07:48
Terakhir diubah: 19 May 2023 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71327

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir