Pengaruh Compost Tea (CT) di Induksi Inokulum Fungi Selulolitik Aspergillus sp. dan Ligninolitik Trichoderma sp. terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.)

Nurul , Insani (2023) Pengaruh Compost Tea (CT) di Induksi Inokulum Fungi Selulolitik Aspergillus sp. dan Ligninolitik Trichoderma sp. terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1683Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1518Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Produksi nanas di provinsi lampung pada tahun 2020 mencapai 662.588 ton. Tingginya produksi nanas tersebut menyebabkan residu panen berupa serat bromelain yang melimpah dan menyebabkan permasalahan yang perlu diatasi. Serat bromelain terdiri selulosa, hemiselulosa dan lignin, kandungan-kandungan tersebut sulit terdekomposisi secara alami. Pada penelitian ini menggunakan pengomposan dengan 2 metode yaitu Aerated Compost Tea (ACT) dengan waktu aerasi 72 jam, dan Non Aerated Compost Tea (NACT). Metode tersebut sebagai salah satu cara untuk mempercepat proses dekomposisi. Prosesnya dibantu oleh fungi Trichoderma sp. dan Aspergillus sp. yang mempunyai kemampuan selulolitik dan ligninolitik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 kali ulangan. A0 = kontrol; A1 = 50% ACT; A2 = 50% NACT; A3 = 75% ACT; A4 = 75% NACT; A5 = 100% ACT; A6 = 100% NACT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ACT berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat basah kering, rasio akar tajuk, kadar klorofil a, b, dan klorofil total tetapi tidak berpengaruh nyata pada jumlah daun. Perlakuan A3 dengan dosis 50% ACT memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah dan berat kering, rasio akar tajuk, klorofil a, klorofil b, dan klorofil total jika dibandingkan dengan perlakuan yang lain.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2301443283 . Digilib
Date Deposited: 22 May 2023 02:11
Terakhir diubah: 22 May 2023 02:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71347

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir