EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022)

DIRA, NURUL A’INI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022). Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Adapun populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang semester genap tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII D yang terpilih menggunakan teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data dianalisis menggunakan uji perbandingan rata-rata dan uji proporsi dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari kemampuan representasi matematis yang mengikuti pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, kemampuan representasi matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301208316 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2023 03:26
Terakhir diubah: 23 May 2023 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71372

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir