INTERAKSI MANUSIA DENGAN ALAM DALAM NOVEL ULID KARYA MAHFUD IKHWAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA

SYFA, NUR AZIZAH (2023) INTERAKSI MANUSIA DENGAN ALAM DALAM NOVEL ULID KARYA MAHFUD IKHWAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4016Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4016Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4018Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini membahas interaksi manusia dengan alam dengan indikator berupa nilai-nilai kearifan lingkungan dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi manusia dengan alam dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yakni novel Ulid karya Mahfud Ikhwan. Data penelitian berupa kata dalam kalimat, paragraf berupa cerita atau dialog, dan kalimat menurut kategori atau jenis kearifan lingkungan. Teknik pengumpulan dan teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara manusia dengan alam dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan dalam wujud nilai-nilai kearifan lingkungan. Wujud interaksi tersebut berupa perilaku positif dan negatif. Nilai-nilai kearifan lingkungan pada novel Ulid karya Mahfud Ikhwan diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA pada capaian pembelajaran membaca dan memirsa. Hasil analisis nilai kearifan lingkungan pada novel tersebut, diintegrasikan pada salah satu sub materi mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X yakni Menyusuri Nilai dalam Cerita Lintas Zaman. Adapun nilai-nilai yang terdapat pada sub materi tersebut yakni nilai pendidikan, nilai sosial, nilai religius, dan nilai moral. Implikasi nilai-nilai tersebut dapat dilihat dalam bentuk perangkat pembelajaran berupa modul ajar. Kata kunci: kearifan lingkungan, novel, dan pembelajaran Bahasa Indonesia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301494817 . Digilib
Date Deposited: 24 May 2023 01:45
Terakhir diubah: 24 May 2023 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71383

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir