PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING PADA MATERI PPKN KELAS X di SMA NEGERI 1 PRINGSEWU

NOVIA , RISTIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING PADA MATERI PPKN KELAS X di SMA NEGERI 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1993Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1622Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Thinking Dalam Meningkatkan Keterampilan Critical Thinking Pada Materi PPKn Kelas X di SMA Negeri 1 Pringsewu . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 1 Pringsewu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 responden yang terdiri dari 36 responden kelas eksperimen dan 36 responden kelas kontrol. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Samples Test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat pengaruh adanya model pembelajaran snowball thinking dalam meningkatkan keterampilan critical thinking pada materi PPKn kelas X di SMA Negeri 1 Pringsewu yang berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektifitas sebesar 58,5 % yang dapat dikategorikan cukup efektif. Penerapan model snowball throwing dilakukan mampu memadukan pendekatan yang komunikatif, integratif, dan keterampilan proses, seperti hal nya dibuat beberapa kelompok yang kemudian masing-masing peserta didik melemparkan pertanyaan yang sudah dituliskan dalam kertas yang dibentuk bola yang kemudian menjawab pertanyaan dari informasi yang sudah di analisis sehingga mampu meningkatkan keterampilan critical thinking peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Critical Thinking

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301391783 . Digilib
Date Deposited: 24 May 2023 02:15
Terakhir diubah: 24 May 2023 02:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71392

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir