IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL PEDOGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Rizky , Wahyudi (2023) IMPLEMENTASI TECHNOLOGICAL PEDOGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (12Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abad 21 merupakan era kemajuan teknologi pada abad ini teknologi berperan penting dalam kehidupan manusia dari berbagai aspek tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Pada pembelajaran abad 21 ini guru dituntut untuk memadukan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. TPACK yaitu kepanjangan dari Technological Pedagogical and Content Knowledge merupakan pemahaman baru yang telah menjadi kerangka kerja yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan pendidik tentang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi TPACK dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah (2) kendala guru dalam melakukan implementasi TPACK. Adapun tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui implementasi TPACK dalam proses pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah (2) mengetahui kendala implementasi TPACK dalam proses pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi TPACK dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) implementasi TPACK pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah dapat dikategorikan baik dengan hasil pada implementasi TPACK dalam penyusunan perencanaan pembelajaran (RPP) dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata setiap komponen sebesar 12,60. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa didalam RPP guru sudah mengimplementasikan setiap komponen TPACK sedangkan pada proses pembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata setiap komponen sebesar 10. Berdasarkan proses penelitian didapatkan hasil bahwa masih terdapat beberapa komponen TPACK yang belum terimplementasikan dengan baik dalam pembelajaran dikelas. (2) kendala yang dialami guru dalam mengimplementasikan TPACK pada proses pembelajaran antara lain kuota internet siswa terbatas, jaringan internet yang kurang memadai, terbatasnya fasilitas pendukung dan kurangnya kesadaran pada peserta didik, serta kemampuan guru menguasai TIK. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Implementasi, TPACK The 21st century is an era of technological progress. In this century, technology plays an important role in human life from various aspects, including in the world of education. In the 21st century learning, teachers are required to integrate technology in learning activities. TPACK, which stands for Technological Pedagogical and Content Knowledge , is a new understanding that has become a framework that can be used to analyze educators' knowledge about the use of technology in learning . The problems in this study were (1) how to implement TPACK in learning history at SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah (2) the teacher's constraints in implementing TPACK. The purposes of this study were (1) to find out the implementation of TPACK in the history learning process at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah (2) to find out the obstacles to implementing TPACK in the process of learning history at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. This type of research is a qualitative descriptive study that aims to describe the implementation of TPACK in learning history at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The process of collecting data is done through observation, interviews, and documentation. The research results show (1) the implementation of TPACK in history learning at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah can be categorized as good with the results on the implementation of TPACK in preparing lesson plans (RPP) categorized as very good with an average score of 12,60 for each component. Based on the research results, it was found that in the lesson plan the teacher had implemented each TPACK component while the learning process was categorized well with an average score of 10 for each component. Based on the research process, it was found that there were still several TPACK components that had not been implemented properly in classroom learning. (2) the obstacles experienced by teachers in implementing TPACK in the learning process include limited student internet quota, inadequate internet network, limited supporting facilities and lack of awareness of students, as well as the teacher's ability to master ICT. Keywords : History Learning, Implementation, TPACK

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2301552743 . Digilib
Date Deposited: 24 May 2023 08:03
Terakhir diubah: 24 May 2023 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71414

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir