PENGARUH APLIKASI BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP BIOMASSA KARBON MIKROORGANISME (C-MIK) TANAH PADA PERTANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.) DI TANAH ULTISOL PADA MUSIM TANAM KE-2

RETA , MELIYANI (2023) PENGARUH APLIKASI BIOCHAR DAN PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP BIOMASSA KARBON MIKROORGANISME (C-MIK) TANAH PADA PERTANAMAN PADI GOGO (Oryza sativa L.) DI TANAH ULTISOL PADA MUSIM TANAM KE-2. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1840Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1710Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Indonesia memiliki Ultisol cukup luas yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya padi gogo (Oryza sativa L.) agar kebutuhan bahan pokok pangan tercukupi. Ultisol memiliki permasalahan kesuburan tanahnya dan sebagai alternatif untuk mengatasinya menggunakan bahan pembenah tanah dan pemupukan. Tingkat kesuburan tanah dapat dilihat melalui biomassa C-mik tanah. Keberadaan mikroorganisme tanah menjadi salah satu indikator kesuburan tanah yang dapat dilihat dari aktivitas mikroorganisme tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh biochar dan pupuk kandang ayam terhadap biomassa Cmik tanah, mengetahui korelasi antara sifat tanah, komponen produksi dan produksi padi gogo di tanah Ultisol pada musim tanam ke-2. Penelitian ini disusun menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 4 perlakuan dengan 4 ulangan, sehingga didapatkan 16 unit percobaan dengan perlakuannya adalah kontrol (B0), biochar 5 ton ha-1 (B1), pupuk kandang ayam 5 ton ha-1 (B2) dan kombinasi biochar 5 ton ha-1 dengan pupuk kandang ayam 5 ton ha-1 (B3). Data diuji homogenitas ragamnya dengan uji Bartlett, aditifitas data diuji dengan uji Tukey dan dilanjutkan dengan uji BNJ taraf 5% dan sebaran data disajikan dalam bentuk diagram kotak (Boxplot). Hasil penelitian menyatakan bahwa setiap perlakuan yang diberikan tidak berpengaruh nyata terhadap C-mik tanah. Namun, berpengaruh sangat nyata terhadap produksi padi gogo. Selain itu, tidak terdapat korelasi antara sifat tanah dengan C-mik tanah dan produksi, tetapi komponen produksi (bulir isi dan bobot 1000 butir gabah kering giling) berkorelasi positif dengan produksi padi gogo (Oryza sativa L.). Kata kunci : biochar, C-mik tanah, padi gogo, pupuk kandang ayam, Ultisol.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2301509932 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2023 01:39
Terakhir diubah: 25 May 2023 01:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71429

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir