PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

GUSTI AYU, PUTU ARDANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK GUSTI AYU PUTU ARDANI.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI GUSTI AYU TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1945Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI GUSTI AYU TANPA BAB IV DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2780Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan teams games tournament terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Uji regresi linier penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Metro Timur dan uji regresi linier penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Metro Timur. Perbedaan penggunaan model pembelajaran make a match dan teams games tournament menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan teams games tournament terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Metro Timur, kedua model tersebut sama-sama baik dalam meningkatkan hasil belajar. Kata kunci :hasil belajar,make a match, teams games tournament.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301319858 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2023 01:51
Terakhir diubah: 25 May 2023 01:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71431

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir