PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI KREASI BARU MELALUI RANGSANG PUISI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Diah , Amelia Saputri (2023) PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI KREASI BARU MELALUI RANGSANG PUISI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2845Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2846Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2848Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses kreatif penciptaan tari kreasi baru melalui rangsang puisi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan koreografi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa ekstrakulikuler tari yang berjumlah 8 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses kreatif penciptaan tari kreasi baru melalui rangsang puisi di SMA Neegeri 13 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yang harus dilalui berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses kreatif penciptaan tari kreasi baru melalui rangsang puisi dengan menggunakan 3 tahap berjalan dengan lancar. Tiga tahap tersebut yaitu tahap mendengar, siswa mendengarkan puisi yang dibacakan oleh guru. Tahap eksplorasi siswa melakukan pencarian gerak dengan hasil interpretasi mereka, dan tahap menyusun siswa akan menggabungkan gerak yang sudah didapatkan pada tahap eksplorasi. Hal tersebut terlihat dari hasil akhir yang dipresentasikan oleh siswa, siswa mampu merealisasikan hasil interpretasi yang sudah mereka dapatkan. Siswa mampu menuangkan ide – ide gerak yang ada dipikirannya secara bebas tanpa tekanan. Kata kunci : proses kreatif, penciptaan, rangsang puisi This study inteds to show poetry served as an impulse for the choreography of new creative dance at public high school 13 Bandar Lampung. Aqualitatiive descriptive method was applied to conduct the research. A choreographic approach was used in this study. The data sources of this study are eight students who participated in dance extracurriculars and their teracher. This study aimed to discover how the creative dance as stimulated by poetry at public high school 13 Bandar Lampung. This study collected data through observation, interviews, and documentation. The stages of data analysis that must be performed are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings oof this study indicate that the three stage of poetry stimulation used to inspire new creatuve dance facilitate of smooth creative process. The first of the three stages is the listening stage, where students hear the teacher read a poem. Students explore motion in the exploratory stage using the interpetation’s outcomes and in the choreography stage, they blend the motion they found in the exploratory stage. This can be seen from the outcomes that the students have provided, they have successfully implemented what became of the interpretation they have obtained. With no restictions, students can freely express the motion concepts in their minds. Keywords : Creative Process, Creation, Poetry Stimulation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301086984 . Digilib
Date Deposited: 25 May 2023 09:01
Terakhir diubah: 25 May 2023 09:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71462

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir