Amalia , Rizqi (2023) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BUSANA TARI DI SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ASBTRAK.pdf Download (3873Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Project Based Learning pada pembelajaran busana tari di SMK Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Tata Busana 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data didahului dengan reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model Project Based Learning pada pembelajaran busana tari berjalan sesuai dengan tahap yang ada, mulai dari penentuan proyek, perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, presentasi/publikasi hasil proyek, dan evaluasi proses dan hasil proyek. Pada tiap tahap model Project Based Learning terdapat teori konstruktivistik didalamnya, karena paada setiap tahap Project Based Learning siswa membentuk pengetahuan dan aktif berfikir secara mandiri. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan model Project Based Learning merupakan visualisasi dari teori konstruktivistik. Kata Kunci : Pembelajaran, Project Based Learning, Busana Tari. This study aims to describe the use of the Project Based Learning model in dance costume learning at SMK Negeri 3 Bandar Lampung. The research was conducted using qualitative methods. The source of data in this study is teachers and students of grade XI Fashion Design 1. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. The stages of data analysis are preceded by data reduction, data presentation, then conclusions. The results of this study show that the learning process using the Project Based Learning model in dance clothing learning runs in accordance with the existing stages, starting from project determination, designing project completion steps, preparing project implementation schedules, project completion with teacher facilitation and monitoring, presentation/publication of project results, and evaluation of project processes and results. At each of these stages there is constructivistic theory in it, because during the learning process at each stage, students carry out the formation of knowledge independently. Based on this, it can be said that the Project Based Leanring model is a visualization of constructivistic theory. Keywords :Learning, Project Based Learning, Dance Costume
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 2301383745 . Digilib |
Date Deposited: | 29 May 2023 02:21 |
Terakhir diubah: | 29 May 2023 02:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71518 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |