PENGARUH Streptomyces hygroscopicus subsp. hygroscopicus GGF4-i18 TERHADAP PERTUMBUHAN Xanthomonas oryzae DAN PERKEMBANGAN PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

HENING , PUJI PANGESTU (2023) PENGARUH Streptomyces hygroscopicus subsp. hygroscopicus GGF4-i18 TERHADAP PERTUMBUHAN Xanthomonas oryzae DAN PERKEMBANGAN PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1887Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1564Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penyakit hawar daun bakteri (HDB) yang disebabkan oleh Xanthomonas oryzae merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman padi. Aktinomisetes dikenal sebagai salah satu agen hayati yang mampu mengendalikan beberapa macam penyakit tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh salah satu kelompok aktinomisetes, yaitu Streptomyces hygroscopicus subsp. hygroscopicus, dalam menghambat pertumbuhan in vitro X. oryzae dan intensitas penyakit HDB. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Oktober 2022. Penelitian ini terdiri dari dua percobaan, yaitu pengujian daya hambat S. hygroscopicus subsp. hygroscopicus terhadap X. oryzae secara in vitro dan pengujian kemampuan S. hygroscopicus subsp. hygroscopicus dalam menekan penyakit HDB padi secara in planta. Perlakuan pada uji in vitro disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari 3 perlakuan yaitu kontrol, chloramphenicol, dan S. hygroscopicus subsp. hygroscopicus isolat GGF4-i18 yang diulang sebanyak 4 kali. Perlakuan pada uji in planta disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yaitu aplikasi suspensi aktinomisetes volume 5 ml, 10 ml, 15ml/tanaman, bakterisida (2,5 g/L) dan air steril dengan 4 ulangan. Hasil uji antagonisme secara in vitro menunjukkan bahwa perlakuan isolat GGF4-i18 mampu menghambat pertumbuhan X. oryzae. Hasil uji secara in planta menunjukkan bahwa perlakuan aplikasi aktinomisetes berpengaruh nyata terhadap masa inkubasi dan keparahan penyakit HDB, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap keterjadian penyakit HDB. Aplikasi suspensi aktinomisetes juga berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan,bobot basah dan kering tajuk, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap perakaran tanaman padi. Kata Kunci: aktinomisetes, antagonis, Xanthomonas oryzae.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2301701413 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2023 02:47
Terakhir diubah: 31 May 2023 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71558

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir