FITRI, UDILA SARI (2023) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI PESERTA DIDIK SMP NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2043Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Korupsi adalah bentuk penyalahgunaan kekuasaan, wewenang yang dilakukan secara individu atau kolektif yang bertujuan untuk menguntungkan diri sendiri, orang lain dan korporasi dengan perbuatan penyuapan dan manipulasi serta perbuatan-perbuatan lain yang merugikan keuangan atau perekonomian negara, kesejahteraan dan kepentingan rakyat. Adapun bentuk-bentuk tindak pidana korupsi ini sudah dilampirkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi peserta didik SMP Nusantara Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder, yaitu data yang dihasilkan dari proses penelitian yang dilakukan di SMP Nusantara Bandar Lampung yang mana diperoleh melalui wawancara kepada informan dan data file yang diberikan oleh pihak terkait. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dimana dalam memperoleh informasi terkait dengan tujuan peneliti maka penulis melakukan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi peserta didik di SMP Nusantara Bandar Lampung, yaitu mendidik, membimbing, dan mengarahkan. Upaya yang dilakukan guru dalam penanaman nilai-nilai anti korupsi ada 3 model yaitu, model terintegrasi dalam mata pelajaran, model di luar pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler dan model pembudayaan, dan pembiasaan nilai dalam seluruh aktivitas dan suasana sekolah. Kata Kunci : Guru, Peserta didik, Anti Korupsi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | 2301380631 . Digilib |
Date Deposited: | 31 May 2023 03:54 |
Terakhir diubah: | 31 May 2023 03:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71585 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |