PENGARUH KOMPOSISI BERBEDA CAMPURAN TONGKOL JAGUNG DAN AMPAS TAHU DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Rhizopus oligosporus TERHADAP KUALITAS FISIK DAN PALATABILITAS

Abimanyu Prastyo, Ardiansyah (2023) PENGARUH KOMPOSISI BERBEDA CAMPURAN TONGKOL JAGUNG DAN AMPAS TAHU DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Rhizopus oligosporus TERHADAP KUALITAS FISIK DAN PALATABILITAS. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full tanpa lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2211Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi full tanpa pembahasan.pdf

Download (1000Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi berbeda campuran tongkol jagung dan ampas tahu terfermentasi Rhizopus oligosporus terhadap kualitas fisik (warna, aroma, dan tekstur) dan palatabilitas. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2023--Februari 2023, di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung dan peternakan kambing perah RAS Farm Pringsewu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu P0: tongkol jagung 50% + ampas tahu 50% (kontrol), P1: tongkol jagung 50% + ampas tahu 50% + ragi tempe 4%, P2: tongkol jagung 60% + ampas tahu 40% + ragi tempe 4%, dan P3: tongkol jagung 70% + ampas tahu 30% + ragi tempe 4%. Variabel yang diamati meliputi uji organoleptik (warna, aroma, dan tekstur) dan palatabilitas. Data organoleptik yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (DMRT), sedangkan untuk data palatabilitas yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi campuran berbeda tongkol jagung dan ampas tahu terfermentasi Rhizopus oligosporus berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap warna (P0: coklat, P1: putih, P2 putih,dan P3 putih), berbeda nyata (P<0,05) terhadap aroma (P0: khas tongkol jagung, P1: khas fermentasi ragi tempe, P2 : khas fermentasi ragi tempe,dan P3: khas fermentasi ragi tempe) dan berbeda nyata (P<0,05) terhadap tekstur (P0 : lunak berair, P1: lunak menggumpal, P2 : lunak menggumpal,dan P3: lunak menggumpal. Perlakuan terbaik terhadap kualitas fisik (warna, aroma, dan tekstur) yaitu pada P1. Kemudian perlakuan yang memiliki palatabilitas tertinggi yaitu P0 dengan tingkat konsumsi 122 gram/2jam. Kata kunci : Ampas tahu, kualitas organoleptik, palatabilitas, Rhizopus oligosporus dan tongkol jagung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 590 Ilmu hewan (zoologi)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak
Pengguna Deposit: 2301329537 . Digilib
Date Deposited: 31 May 2023 08:34
Terakhir diubah: 31 May 2023 08:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71604

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir