Widyaputri, Willa (2023) Pengaruh Branding Ekowisata Mangrove Petengoran Terhadap Minat Wisatawan. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak Willa Widyaputri.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi Full Willa Widyaputri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1813Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan Willa Widyaputri.pdf Download (804Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pengenalan merek sebuah objek wisata sangat penting untuk dilakukan agar wisatawan dapat membedakan antara lokasi yang satu dengan lokasi lainnya. Ekowisata Mangrove Petengoran dikelola oleh masyarakat Desa Gebang, tetapi pengenalan merek yang dilakukan oleh pengelola masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi pengelolaan Ekowisata Mangrove Petengoran, dan kegiatan branding yang dilakukan pengelola, serta menganalisis pengaruh branding Ekowisata Mangrove Petengoran terhadap minat berkunjung wisatawan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan menggunakan kuesioner. Jumlah responden 80 wisatawan yang ditentukan menggunakan metode kombinasi purposive-accidental sampling dan 2 key informan dari pengelola yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Data dari hasil wawancara dengan pengelola dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif, sedangkan jawaban kuesioner dari wisatawan dianalisis menggunakan Skala Likert, dan Structural Equation Modelling dengan metode Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Ekowisata Mangrove Petengoran belum dikelola secara maksimal sebagai bentuk ekowisata karena pengelola lebih berkonsentrasi pada kegiatan konservasi. Pemahaman pengelola Ekowisata Mangrove Petengoran juga masih rendah terkait branding. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pengelola saat ini hanya melalui media sosial pribadi milik ketua pelestari, dan pembuatan logo Ekowisata Mangrove Petengoran. Branding Ekowisata Mangrove Petengoran yang berpengaruh nyata dirasakan oleh wisatawan adalah brand personality, brand positioning, dan brand relationship. Variabel brand personality, brand positioning, dan brand relationship yang secara berurutan memiliki nilai t-statistik 3,051, 2,243, dan 4,609 yang berarti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan karena memiliki nilai lebih dari t-tabel yaitu 1,96.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Kehutanan |
Pengguna Deposit: | 2301437498 . Digilib |
Date Deposited: | 31 May 2023 08:41 |
Terakhir diubah: | 31 May 2023 08:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71608 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |