PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 1 SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

DIAN , WAKHIDIANI (2023) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 1 SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3684Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3684Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul berbasis Problem Based Learning yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu desain Borg & Gall. Penelitian di lakukan di kelas V SDN 1 Sriwijaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahan ajar berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan layak berdasarkan hasil validasi ahli dengan rata- rata sebesar 83,43%, pendidik sebagai praktisi hasil angket respon sebesar 88% dan peserta didik sebesar 89%. Efektifitas produk diperoleh dari hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,56 dan kelas kontrol sebesar 0,17, serta hasil dari Independen sample t-test memperoleh nilai signifikan 0,001<0,05 yang menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci: Berpikir Kritis, Modul, Problem Based Learning. This research and development aims to produce a product in the form of appropriate and effective Problem Based Learning-based teaching materials to improve the critical thinking skills of fifth grade elementary school students. This research method is development research which refers to the Borg & Gall design. The research was conducted in the fifth grade of SDN 1 Sriwijaya. The results of this study indicate that the Problem Based Learning-based teaching materials developed are feasible based on the results of expert validation with an average of 83.43%, educators as practitioners of the results of the questionnaire response by 88% and students by 89%. The effectiveness of the product is obtained from the results of the N-Gain test for the experimental class of 0,56 and the control class of 0,17, and the results of the Independent sample t-test obtained a significant value of 0.001 <0.05 which indicates that Problem Based Learning-based teaching materials are effective in improve critical thinking skills. Keywords: Critical Thinking, Problem Based Learning, Teaching materials.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301562851 . Digilib
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:28
Terakhir diubah: 05 Jun 2023 04:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71636

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir