Anggie, Tamara (2023) PENGEMBANGAN MODUL ADMIN SISTEM MANAJEMEN MUTU PERKULIAHAN DI JURUSAN ILMU KOMPUTER. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (3107Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2863Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Mutu perkuliahan memiliki peran yang sangat penting bagi program studi perkuliahan untuk memenuhi standar nasional yang telah ditetapkan. Jurusan Ilmu Komputer Universitas Lampung memiliki dua program studi yaitu S1 Ilmu Komputer yang dan D3 Manajemen Informatika, demi terus meningkatkan mutu perkuliahan, penting untuk selalu menjamin pemenuhan standar program studi. Salah satunya dengan melakukan perencanaan pembelajaran di tiap semester. Jurusan Ilmu Komputer melakukan perencanaan pembelajaran untuk setiap mata kuliah secara konvensional yaitu dengan membuat dokumen terpisah untuk masing-masing data seperti mata kuliah, CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) dan CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah) yang nantinya data-data tersebut termuat dalam dokumen RPS (Rencana Pembelajaran Semester) di setiap semester. Penelitian ini membahas mengenai pengembangan sistem untuk memanajemen data-data tersebut guna untuk meningkatkan mutu perkuliahan di Jurusan Ilmu Komputer dengan modul admin di mana admin dapat memanajemen seluruh data yang dibutuhkan. Sistem yang dibuat dalam penelitian ini dikembangkan dengan metode Rapid Test Development (RAD) menggunakan framework Laravel. Pengujian sistem ini diujikan dengan metode black-box-testing. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang berguna untuk memanajemen data dengan lebih efisien dalam melakukan perencanaan pembelajaran tiap semester untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu perkuliahan di Jurusan Ilmu Komputer. Kata kunci: Mutu Perkuliahan, Ilmu Komputer, Admin, Laravel, Rapid Application Development (RAD). Lecture quality has a very important role for lecture study programs to meet established national standards. The Department of Computer Science, University of Lampung has two study programs, namely S1 Computer Science and D3 Informatics Management, in order to continue to improve the quality of lectures, it is important to always ensure the fulfillment of study program standards. One of them is by doing learning planning in each semester. The Department of Computer Science conducts learning planning for each course conventionally by creating separate documents for each data such as courses, CPL (Graduate Learning Outcomes) and CPMK (Course Learning Outcomes) which later these data are contained in the RPS (Semester Learning Plan) document in each semester. This research discusses the development of a system to manage these data in order to improve the quality of lectures in the Department of Computer Science with an admin module where the admin can manage all the data needed. The system created in this research was developed with the Rapid Test Development (RAD) method using the Laravel framework. System was tested using the black-box-testing method. This research produces a system that is useful for managing data more efficiently in conducting learning planning each semester to maintain and improve the quality of lectures in the Department of Computer Science. Keywords: Quality of Lectures, Computer Science, Admin, Laravel, Rapid Application Development (RAD).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 003 Sistem-sistem 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | 2301326957 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 09:02 |
Terakhir diubah: | 06 Jun 2023 09:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71711 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |