PERBANDINGAN MODEL JIGSAW DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN

Eldi , Ridho Akmal (2015) PERBANDINGAN MODEL JIGSAW DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598Kb) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2867Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 1 kedondong Kabupaten Pesawaran dan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang lebih tinggi antara pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT pada materi pokok sistem pencernaan. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok pembanding. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model NHT meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,43 ± 0,08. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2, C3, C4 dan C5) dengan rata-rata N-gain pada indikator C2 sebesar 0,57 ± 0,16; indikator C3 sebesar 0,25 ± 0,10; indikator C4 sebesar 0,44 ± 0,16; indikator C5 sebesar 0,44 ± 0,22. Rata-rata aktivitas belajar siswa semua aspek seperti bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok, mengemukakan ide/ pendapat dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada kelas NHT yaitu 59,03 ± 1,84 dengan kriteria sedang, pada kelas Jigsaw 53,70 ± 3,28 berkriteria rendah. Dengan demikian, model pembelajaran NHT berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Jigsaw, NHT, sistem pencernaan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 2546891 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2015 03:31
Last Modified: 20 Feb 2015 03:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item