EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023)

ANISA , YUNIAR (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2562Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2562Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2565Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 310 siswa yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 34 dan 35 siswa dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji proporsi. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model PBL lebih tinggi dari yang menggunakan pembelajaran konvensional dan proporsi diperoleh bahwa siswa yang memiliki pemahaman konsep matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL lebih dari 60% dari banyaknya siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model PBL Dengan demikian, pembelajaran yang menggunakan model PBL efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, problem based learning, pemahaman konsep matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2301056709 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:59
Terakhir diubah: 07 Jun 2023 08:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71756

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir