PENGARUH IKLIM AKADEMIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMA ISLAM CENDIKIA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

SALSABILA, OCTAPIYA (2023) PENGARUH IKLIM AKADEMIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMA ISLAM CENDIKIA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (2014Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2007Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2015Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim akademis terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Di SMA Islam Cendikia Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu penelitian ilmiah yang berdasarkan fakta, bebas prasangka, menggunakan prinsip analisa, menggunakan hipotesa, menggunakan ukuran obyektif dan menggunakan data yang kuantitatif atau yang dikuantitatifkan. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan survey analitik yaitu peneliti ingin melakukan analisa terhadap akibat jika responden tidak mempunyai minat belajar yang baik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Di SMA Islam Cendikia Bandar Lampung khususnya kelas X MIPA dan XI IPS serta XI MIPA yang berjumlah 66 responden. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Di SMA Islam Cendikia Bandar Lampung, sebagian besar responden menjalani iklim akademis yang buruk berjumlah 39 responden (59,1%) dan responden mempunyai minat belajar yang buruk berjumlah 41 responden (62,1%). Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,007 atau p-value < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh iklim akademis terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn Di SMA Islam Cendikia Bandar Lampung. Peserta didik diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kewarganegaraan dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan iklim akademis terhadap minat belajar di lingkungan setempat Kata Kunci: Iklim Akademis, Minat Belajar, Islam Cendikia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301328900 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:52
Terakhir diubah: 08 Jun 2023 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71768

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir