Patresia , Eirene S.A. Silalahi (2023) ANALISIS HARGA POKOK PENJUALAN, KEUNTUNGAN DAN STRATEGI OPERASIONAL AGROINDUSTRI SIRUP JERUK KASTURI (Studi Kasus Pada Agroindustri Ratu Kasturi Kota Medan). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (948Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (787Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
This study aims to analyze the cost of goods sold, profits and operational strategies of Ratu Kasturi’s Kasturi Orange Syrup Agroindustry. Respondents in this study are agro-industry owners, agro-industry employees and field workforce at Dinas Perindustrian & Perdagangan in Medan City. Data collection was carried out from November to December 2022. Data were analyzed using a descriptive quantitative (cost of goods manufactured, cost of goods sold and profit analysis) and also descriptive qualitative analysis (SWOT). The method used in this research is a case study in Ratu Kasturi’s Kasturi Orange Syrup Agroindustry in Medan City. The results of this research showed that the cost of goods manufactured was Rp34.272,82/bottle and the cost of goods sold was Rp35.272,82/bottle. The selling price of kasturi orange syrup is Rp65,000.00/bottle with a profit margin of 84,28%. The total profit from selling of kasturi orange syrup in November 2022 was Rp22.991.512,50, so this business is considered profitable. The main strategy of priority were: (1) increasing productivity by utilizing raw materials and technology, (2) producing quality products by utilizing technology, (3) establishing partnerships with other outlets to introduce their products by improving product quality, (4) utilizing technology in the production process to increase profits, (5) Increasing promotions, especially through social media such as Instagram and Tiktok, e-commerce such as Shopee, Tokopedia, Lazada, (6) utilizing government support through culinary festival programs to increase sales and introduce that the products sold that have a licenses P-IRT (Produksi Industri Rumah Tangga) and Halal label from Majelis Ulama Indonesia (MUI). Key words: Cost of Goods Sold, Cost of Goods Manufactured, profits, Operational Strategies. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harga pokok penjualan, keuntungan dan strategi operasional Agroindustri Sirup Jeruk Kasturi Ratu Kasturi. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik agroindustri, karyawan agroindustri dan tenaga kerja lapangan di Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota Medan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus di Agroindustri Sirup Jeruk Kasturi Ratu Kasturi di Kota Medan. Pengumpulan data dilakukan pada Bulan November sampai dengan Bulan Desember Tahun 2022. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis harga pokok penjualan, analisis keuntungan dan strategi operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga pokok produksi sebesar Rp34.272,82/botol dan harga pokok penjualan sebesar Rp35.272,82/botol. Harga jual sirup jeruk kasturi sebesar Rp65.000,00/botol sirup jeruk kasturi sehingga margin keuntungan 84,28%. Keuntungan total dari hasil penjualan sirup jeruk kasturi pada Bulan November 2022 adalah sebesar Rp22.991.512,50 dengan demikian usaha ini termasuk menguntungkan. Strategi operasional yang menjadi prioritas yaitu (1) meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan bahan baku dan teknologi, (2) menghasilkan produk yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi, (3) menjalin kemitraan dengan outlet lainnya untuk mengenalkan produk yang dimiliki dengan meningkatkan kualitas produk, (4) memanfaatkan teknologi dalam proses produksi untuk meningkatkan keuntungan, (5) Meningkatkan promosi khususnya melalui media sosial seperti instagram dan Tiktok, e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, (6) memanfaatkan dukungan pemerintah melalui program festival kuliner untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan bahwa produk yang dijual telah memiliki izin P-IRT (Produksi Industri Rumah Tangga) dan label Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kata kunci: Harga Pokok Penjualan, Harga Pokok Produksi, Keuntungan, Strategi Operasional
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis |
Pengguna Deposit: | 2301963657 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 06:54 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2023 06:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71787 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |