Maryani, Maryani (2023) PENGARUH RESILIENSI TERHADAP KECENDERUNGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (1808Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3133Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3133Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah kecenderungan prokrastinasi akademik mahasiswa tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh resiliensi terhadap kecenderungan prokrastinasi akademik dan prestasi akademik pada mahasiswa Prodi BK FKIP Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Responden penelitian sebanyak 47 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala resiliensi, skala prokrastinasi, dan indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : (1) resiliensi berpengaruh terhadap kecenderungan prokrastinasi akademik dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,05) dan memiliki nilai koefesien korelasi 0,148 atau 14,8%, (2) resiliensi berpengaruh terhadap prestasi akademik dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,05) dan memiliki nilai koefesien korelasi 0,296 atau 29,6%, (3) resiliensi berpengaruh terhadap kecenderungan prokrastinasi akademik dan prestasi akademik mahasiswa aktif Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung dengan nilai signifikasi (0,001 < 0,05) dan memiliki nilai koefesien korelasi 0,444 atau 44,4%. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara resiliensi dengan prokrastinasi akademik dan prestasi akademik mahasiswa prodi BK Universitas Lampung. Kata kunci : prestasi akademik, prokrastinasi, resiliensi. The problem of this research is the tendency of students of high academic procrastination. The purpose of this study was to determine the effect of resilience on the tendency of academic procrastination and academic achievement in students of Guidance and Counseling Program of the Faculty of Teacher Training and Education at the University of Lampung. The method used in this research is correlational quantitative. The research respondents were 47 students. The data collection technique used a resilience scale, procrastination scale, and a student's cumulative achievement index. Data analysis using regression test. The results showed that : (1) resilience has an effect on the tendency of academic procrastination with a significant value of (0.000 <0.05) and has a correlation coefficient value of 0.148 or 14.8%, (2) resilience has an effect on academic achievement with a significant value of (0.000 <0.05 ) and has a correlation coefficient value of 0.296 or 29.6%, (3) resilience influences the tendency of academic procrastination and academic achievement of active students of the Guidance and Counseling Study Program, University of Lampung with a significance value (0.001 <0.05) and has a correlation coefficient value of 0.444 or 44.4%. The conclusion of the study is that there is a significant influence between resilience and academic procrastination and academic achievement of students of Guidance and Counseling Program at the University of Lampung. Keywords: academic achievement, procrastination, resilience.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Pengguna Deposit: | 2301772487 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:11 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2023 07:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71797 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |