PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR

UMIHANI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
01. ABSTRAK.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
02. THESIS FULL UMIHANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2678Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
03. THESIS FULL UMIHANI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2027Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, 1) potensi dan kondisi; 2) proses pengembangan; 3) efektifitas; 4) kemenarikan; 5) pengaruh peningkatan media pembelajaran permainan monopoli ekonomi. Penelitian ini menggunakan model desain pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Sampel penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar kelas XII IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitan ini adalah; 1) potensi dan kondisi di SMA Negeri 1 Terbanggi besar sangat mendukung untuk dikembangkannya media pembelajaran permainan monopoli ekonomi; 2) Proses pengembangan media pembelajaran permainan monopoli ekonomi meliputi; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; 3) media pembalajaran permainan monopoli ekonomi dinilai efektif karena dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran; 4) kemenarikan media memiliki klasifikasi sangat menarik dengan hasil persentase 89,8 %; 5) peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran permainan monopoli dengan menggunakan gain score sebesar 0,22, artinya peningkatan minat belajar termasuk dalam kategori rendah harena nilai gain <0,3 Kata Kunci: Pengembangan Media, Permainan Monopoli Ekonomi, Minat Belajar. ABSTARCT The purpose of this research is to analyze, 1) potential and condition; 2) development process; 3) effectiveness; 4) attractiveness; 5) the effect of increasing the learning media of economic monopoly games. This study uses the ADDIE development design model developed by Robert Maribe Branch. The sample of this research was 36 students at SMA Negeri 1 Terbanggi Besar class XII IPS. The instruments used in this study were questionnaires and interviews. The results of this research are; 1) the potential and conditions at SMA Negeri 1 Terbanggi Besar are very supportive for the development of learning media for economic monopoly games; 2) The process of developing learning media for economic monopoly games includes; analysis, design, development, implementation and evaluation; 3) the learning media of economic monopoly games is considered effective because it can increase students' interest in learning in the learning process; 4) the attractiveness of the media has an interesting classification with an average percentage of 89,8%; 5) an increase in students' interest in learning after using the monopoly game learning media by using a gain score of 0.22, meaning that an increase in learning interest is included in the low category because the gain value is <0.3 Keywords: Media Development, Economic Monopoly Game, Learning Interest.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301365941 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2023 08:08
Terakhir diubah: 08 Jun 2023 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71804

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir