PENGEMBANGAN MODUL IPAS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 GEDONGTATAAN

Desy , Natalia (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPAS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 GEDONGTATAAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
01. ABSTRAK_DESY NATALIA_MTP_2123011003.pdf

Download (322Kb) | Preview
[img] File PDF
02. TESIS FULL DESY NATALIA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2155Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
03. TESIS TANPA PEMBAHASAN_DESY N.pdf

Download (1364Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis; (1) potensi dan kondisi dikembangkannya modul pembelajaran, (2) proses pengembangan modul IPAS berbasis proyek (3) karakteristik modul, (4) efektivitas modul, dan (5) kemenarikan modul. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang meliputi tahap analisys, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas X Program Keahlian Agribisnis Tanaman SMK Negeri 1 Gedongtataan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner/ angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa potensi peserta didik dapat mengunakan modul sebagai bahan pembelajaran dan kondisi sarana prasarana di SMK Negeri 1 Gedongtataan sangat mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek, Kriteria Produk setelah divalidasi oleh tim ahli materi dengan skor 87,67 ( sangat layak), ahli media nilai skor 95,29 (sangat layak), dan ahli desain nilai skor 96,84 (sangat layak). Karakteristik modul berbasis proyek yang dikembangkan memenuhi syarat yaitu berdiri sendiri, bersifat mandiri, adaptif dan akrab dengan pemakainya. Berdasarkan hasil uji t memperoleh hasil sig sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikasi 5% yang berarti bahwa penggunaan modul berbasis proyek signifikan meningkatkan kreativitas belajar peserta didik . Modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar IPAS peserta didik dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,6297 (sedang). Kemenarikan modul hasil pengembangan berada pada kategori menarik dengan skor 84,5 dan kategori mudah untuk digunakan. Kata kunci: Modul IPAS, berbasis proyek, kreativitas belajar This research is a development research that aims to analyze; (1) the potential and conditions for developing learning modules, (2) the process of developing projectbased IPAS modules (3) module characteristics, (4) module effectiveness, and (5) module attractiveness. This research uses the ADDIE model development design which includes the stages of analysis, design, development, implementation and evaluation. The subjects in this study were 23 students of class X of the Plant Agribusiness Expertise Program of SMK Negeri 1 Gedongtataan. Data collection methods used questionnaires, interviews and tests. The results of this research and development indicate that the potential of students can use modules as learning materials and the condition of infrastructure at SMK Negeri 1 Gedongtataan is very supportive and allows for the development of project-based learning modules, Product criteria after being validated by a team of material experts with a score of 87.67 (very feasible), media experts score 95.29 (very feasible), and design experts score 96.84 (very feasible). The characteristics of the project-based module developed meet the requirements of being self-standing, independent, adaptive and familiar with the user. Based on the results of the t test, the sig result of 0.000 is smaller than the 5% significance level, which means that the use of project-based modules significantly increases students' learning creativity. The developed module is effective for increasing the learning creativity of IPAS students with a normalized gain value of 0.6297 (medium). The attractiveness of the developed module is in the interesting category with a score of 84.5 and the category is easy to use. Keywords: IPAS module, project-based, learning creativity

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301096972 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:10
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71839

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir