PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR

UMI , KURNIA SARI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
01. ABSTRAK.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
02. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2262Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
03. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1831Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1). Potensi dan kondisi dikembangkan media pembelajaran scrapbook digital (2). Proses pengembangan media pembelajaran scrapbook digital. (3). Karakteristik produk media pembelajaran scrapbook digital. (4). Efektifitas penggunaan produk media pembelajaran scrapbook digital. (5). Efisiensi penggunaan media pembelajaran scrapbook digital dan (6). Kemenarikan produk pengembangan media pembelajaran scrapbook digital. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 peserta didik kelas X C dan 3 pendidik mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, angket dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1). Potensi peserta didik dapat menggunakan media pembelajaran scrapbook digital dan kondisi sarana prasarana sangat mendukung. (2). Produk divalidasi oleh tim ahli materi nilai 94,96 (sangat layak), ahli media nilai 92,50 (sangat layak), ahli desain nilai 95,50 (sangat layak) (3). Karakteristik media pembelajaran scrapbook yang dikembangkan secara digital dapat berdiri sendiri, bersifat mandiri, adaptip dan akrab dengan pemakainya. (4). Media pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik dengan nilai gain ternormalisasi 0,8 (tinggi). (5). Penggunaan media efisien digunakan dalam pembelajaran, dengan rata-rata nilai efisiensi 1,125 (tinggi) (6). Kemenarikan produk berdasarkan aspek kemenarikan gambar, media dan materi media dengan nilai rata-rata 85,83% (menarik). Kata kunci : Media, scrapbook digital, hasil belajar geografi, SMA This study aims to analyze (1). The potential and conditions for developing digital scrapbook learning media (2). The process of developing digital scrapbook learning media. (3). Characteristics of digital scrapbook learning media products. (4). The effectiveness of using digital scrapbook learning media products. (5). Efficiency of using digital scrapbook learning media and (6). The attractiveness of the development of digital scrapbook learning media products. This research is a development research using the ADDIE design. The subjects in this study were 38 class X C students and 3 geography subject educators at SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Methods of data collection using documentation, questionnaires, questionnaires and tests. The results of this research and development show that (1). Potential students can use digital scrapbook learning media and the conditions of infrastructure are very supportive. (2). The product is validated by a team of material experts with a score of 94.96 (very feasible), a media expert with a value of 92.50 (very feasible), a design expert with a value of 95.50 (very feasible) (3). The characteristics of digitally developed scrapbook learning media can stand alone, are independent, adaptive and familiar with the wearer. (4). Learning media is effective for improving students' geography learning outcomes with a normalized gain value of 0.8 (high). (5). The use of efficient media is used in learning, with an average efficiency value of 1.125 (high) (6). Product attractiveness is based on the attractiveness of images, media and media materials with an average value of 85.83% (attractive). Keywords : Media, digital scrapbook, geography learning outcomes, SMA

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2301545066 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:13
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71840

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir