KARAKTERISASI PENOKOHAN NOVEL DEBU DALAM ANGIN KARYA PRATIWI JULIANI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NADILA PEBRI , MADITA UTAMI (2023) KARAKTERISASI PENOKOHAN NOVEL DEBU DALAM ANGIN KARYA PRATIWI JULIANI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ASBTRAK.pdf

Download (1353Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1230Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1266Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakterisasi penokohan dalam Novel Debu Dalam Angin karya Pratiwi Juliani dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan, mendeskripsikan data secara kualitatif, yaitu menggunakan kata-kata. Metode pengumpulan data menggunakan teknik baca, catat dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya karakterisasi penokohan yang dilakukan dengan metode langsung (telling) dan tidak langsung (showing) dalam Novel Debu Dalam Angin karya Pratiwi Juliani terdapat karakter penolong, peduli terhadap orang lain, kreatif, berpikir kritis, tidak suka mengganggu orang lain, suka berbagi, mandiri, baik hati, dan rajin. Karakter penokohan tersebut sesuai dengan pengembangan karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, meliputi bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Hasil penelitian akan diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran dilakukan berdasarkan kurikulum merdeka pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), yaitu fase F yang sesuai dengan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik yang didasarkan pada Profil Pelajar Pancasila. Kata kunci: karakterisasi penokohan, metode karakterisasi tokoh, implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301601579 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:32
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71844

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir