PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT KE INDONESIA KELAS XI IPS DI SMAN 1 WAY SERDANG

META , ISKARINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KEDATANGAN BANGSA BARAT KE INDONESIA KELAS XI IPS DI SMAN 1 WAY SERDANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (12Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (12Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Media pembelajaran merupakan sarana penting yang harus digunakan oleh guru yang bertujuan untuk mempermudah siswa dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Untuk itu perlu diterapkannya media pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran. Pengembangan media video pembelajaran didasari adanya masalah keterbatasan penggunaan media pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Way Serdang. Guru hanya menggunakan media yang sederhana dan terkesan monoton seperti buku paket, LKS serta powerpoint. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media video pembelajaran pada materi kedatangan bangsa barat ke Indonesia untuk siswa SMAN 1 Way Serdang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video pembelajaran pada materi kedatangan bangsa barat ke Indonesia kelas XI IPS di SMAN 1 Way Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Instrumen penelitian pengembangan yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu angket validasi ahli dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dikembangkan melalui beberapa tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation dan media video pembelajaran sangat valid sehingga sangat layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran sejarah hal ini didasari oleh hasil uji validasi ahli dan respon siswa sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Hasil validasi ahli materi mendapatkan presentase nilai 90,76%, validasi ahli media mendapatkan presentase nilai 91,25%, validasi ahli pembelajaran (guru sejarah) mendapatkan presentase nilai 90% dan hasil respon siswa terhadap media pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapat presentase >85%. Kata kunci: Pengembangan, Media, Video Pembelajaran, Sejarah. Learning media is an important tool that must be used by teachers which aims to make it easier for students to accept the material presented by the teacher. For this reason, it is necessary to apply appropriate learning media in the learning process. The development of instructional video media is based on the problem of limited use of media in history learning at SMAN 1 Way Serdang. The teacher only uses simple and monotonous media such as textbooks, worksheets and PowerPoint. The problem in this study is how the feasibility of learning video media products on the arrival of Western nations to Indonesia for students of SMAN 1 Way Serdang. The purpose of this study was to determine the feasibility of instructional video media on material coming from western nations to Indonesia for class XI IPS at SMAN 1 Way Serdang. This study uses the Research and Development method which refers to the ADDIE model. Data collection techniques in this study used observation techniques, questionnaires and interviews. The development research instruments used to collect data in this study were expert validation questionnaires and student response questionnaires. Based on the results of the study, it can be conclude that learning video media was stages of development, namely analysis, design, development, implementation, evaluation and learning video media is very valid so it is very suitable to be used as supporting medium in the process of learning history, this is based on the results of expert validation tests and student responses according to predetermined indicators. The results of the validation of material experts get a percentage of 90.76%, the validation of media experts gets a percentage of 91,25%, the validation of learning experts (history teachers) gets a percentage of 90% and the results of students' responses to the media during trials show that the average positive response with a percentage of > 85%. Keywords: Development, Media, Learning Videos, History

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2301279039 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:06
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir