EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023)

FARHAH , ISNA FADHILAH (2023) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (997Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (953Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 185 siswa yang terdistribusi ke dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data kuantitatif diperoleh melalui tes, data dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dan uji proporsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis terkategori baik pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning lebih dari 60%. Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: discovery learning, efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301717202 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:15
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71860

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir