PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANAFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2021

OLIVIA , RANI MARTHASARI (2023) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MANAFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017 – 2021. FAKULTAS EKONOMI, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (393Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2483Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2423Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh prinsip good corporate governance terhadap kinerja keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 sampai dengan 2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Teknik purposive sampling dan sampel akhir yang didapatkan adalah 11 perusahaan sehingga total sampel dalam penelitian ini adalah 44 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, studi pustaka dan riset internet. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio komisaris independent, kepemilikan asing, komite audit dan kualitas audit berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur melalui Tobin’s Q. Sementara pada kepemilikan manajerial, dan kepemilikan instutisional tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kata Kunci: Kinerja Keuangan Perusahaan, Good Corporate Governance, dan Manufaktur.   This study aims to examine the effect of good corporate governance principles on financial performance. This type of research is quantitative research. The population in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2017 to 2021. The sampling technique in this study was a purposive sampling technique and the final sample obtained was 11 companies so that the total sample in this study was 44 samples. Data collection techniques in this study were documentation techniques, literature studies and internet research. The data analysis technique in this study is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the ratio of independent commissioners, foreign ownership, audit committee and audit quality has an effect on the company's financial performance as measured by Tobin's Q. Meanwhile, managerial ownership and institutional ownership have no influence on the company's financial performance. Keywords: Company Financial Performance, Good Corporate Governance, and Manufacturing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2301954483 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:31
Terakhir diubah: 12 Jun 2023 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71884

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir