PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS(STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIKDI SEKOLAH DASAR

TITIN, LESTARI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS(STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIKDI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2896Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2895Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2896Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bahan ajar tematik dengan pendekatan STEM merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kemudahan, kemenarikan, kebermanfaat, dan efektivitas bahan ajar tematik dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Gugus Imam Bonjol, Kecamatan Padangratu, Kaupaten Lampung Tengah, Lampung. Subjek dalam penelitian ini 20 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil uji analisis data kevalidan menunjukkan bahan ajar tematik dengan pendekatan STEM sangat valid untuk digunakan. Keefektifan bahan ajar dilihat dari rata-rata skor Gain sebesar 0,57 dengan kriteria sedang dan uji t menunjukan nilai sig sebesar 0,01 kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik dengan pendekatan STEM yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sekolah dasar. Keywords: Bahan Ajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan STEM Thematic teaching materials with the STEM approach are an alternative to improve students' problem-solving abilities. This study aims to determine the validity and effectiveness of thematic teaching materials with the STEM approach to improve students' problem solving abilities. This research is a type of Research and Development (R&D) research, the development is carried out according to the theory of Borg & Gall. The population of this study were class III students at SD Gugus Imam Bonjol, Subdistrict Padang Ratu, Regency Central Lampung, Lampung. The subjects in this study were 20 students. The data collection tool uses valid and reliable test instruments. The results of the validity data analysis test showed that thematic teaching materials with the STEM approach were very valid to use. The effectiveness of teaching materials can be seen from the average Gain score of 0.57 with moderate criteria and the t test shows a sig value of 0.01 less than 0.05 so that H0 is rejected. Based on this research, it can be concluded that the thematic teaching materials with the STEM approach developed are valid and effective for improving the problem solving abilities of elementary school students. Keyword: Teaching Materials, Problem Solving Ability, STEM Approach

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301063033 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:50
Terakhir diubah: 13 Jun 2023 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71945

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir