PENGARUH DOSIS PUPUK MIKRO BORON TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL UBIKAYU (Manihot esculenta Crantz.) KLON UJ-5 DI KECAMATAN TANJUNG BINTANG

SHARA, DEKA PRIYATI (2023) PENGARUH DOSIS PUPUK MIKRO BORON TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL UBIKAYU (Manihot esculenta Crantz.) KLON UJ-5 DI KECAMATAN TANJUNG BINTANG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2369Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2266Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ubikayu merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Provinsi Lampung merupakan provinsi penghasil ubikayu terbesar nomor satu di Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil dan pertumbuhan tanaman ubikayu yang digunakan pada penelitian ini yaitu pemupukan. Selain unsur makro, tanaman ubikayu juga memerlukan unsur mikro yang seimbang salah satunya boron (B). Pada dataran rendah seperti di Lampung, belum ada data mengenai pengaruh dan dosis boron terbaik untuk tanaman ubikayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pertumbuhan dan hasil serta mengetahui dosis unsur mikro boron yang maksimum untuk pertumbuhan dan hasil ubikayu klon UJ-5 terhadap pemberian unsur mikro boron. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk mikro boron terhadap ubikayu memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah akar, jumlah ubi, bobot ubi, dan diameter ubi. Perlakuan yang menghasilkan nilai rerata pada setiap komponen pertumbuhan dan hasil ubikayu klon UJ-5 umur 10 BST yang lebih tinggi ialah B2 dengan dosis 12 kg/ha. Dosis boron yang dapat menghasilkan rerata bobot ubi tanaman ubikayu klon UJ-5 yang maksimum adalah 8,41 kg/ha dengan bobot sebesar 1,98 kg/tanaman. Kata kunci: Boron, Dosis, Pupuk, Ubikayu, UJ-5.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Agronomi
Pengguna Deposit: 2301033564 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:29
Terakhir diubah: 13 Jun 2023 02:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71965

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir