PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTS SELAMA MASA PANDEMI DAN PASCAPANDEMI SERTA REKOMENDASI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

YUDI , HERIYANTO (2023) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTS SELAMA MASA PANDEMI DAN PASCAPANDEMI SERTA REKOMENDASI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3284Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2963Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII MTs selama masa pandemi covid-19 dan pascapandemi covid-19 serta rekomendasikan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara (2) penyebaran angket, dan (3) observasi. Sumber data pada uji coba lapangan dilakukan di sepuluh sekolah, yakni MTs Mathlaul Anwar Sidomulyo, MTs Al-Khairiyah Natar, MTs El Nur El Kasysyaf Sukatani Kalianda, MTs Ma'arif Bumirestu Palas, MTs Kusuma Sragi, MTs As Salam Tanjungsari, MTs Wathoniyah Islamiyah Candipuro, MTs Darul Kamal Ruguk Ketapang, MTs Negeri Way Panji, dan MTs Negeri 2 Palas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikonversi ke data kualitatif untuk mendapatkan deskripsi data dan simpulan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa lndonesia kelas VII MTs di Kabupaten Lampung Selatan pada masa pandemi berjalan dengan baik sedangkan pembelajaran pascapandemi berjalan dengan sangat baik. Pada pandemi covid-19 diperoleh persentase tahap persiapan pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 76% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 81% (sangat baik). Tahap pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 71% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 89% (sangat baik). Tahap akhir pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 73% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 77% (baik). Tahap hasil penilaian pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 73% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 76% ( baik), serta rekomendasi kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301796347 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:45
Terakhir diubah: 13 Jun 2023 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72032

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir