LINA , PERTIWI (2023) PENGARUH EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN TERHADAP KECERDASAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan sosial peserta didik kelas V SD Negeri se-Gugus Diponegoro Kecamatan Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan ekstrakurikuler kepramukaan terhadap kecerdasan sosial peserta didik. Kecerdasan sosial merupakan hal yang penting bagi peserta didik dan masa depan peserta didik, maka dari itu perlu diketahui hal-hal yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yaitu ex post facto korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 42 orang peserta didik dan sampel berjumlah 42 orang peserta didik yaitu menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler kepramukaan terhadap kecerdasan sosial peserta didik. Kata kunci: ekstrakurikuler kepramukaan, kecerdasan sosial The problem of this research is the low social Intelligence of student at public elementary schools se-Gugus Diponegoro Kecamatan Metro Selatan. This study aims to determine the positive and significant influence of scouting extracurricular activities on the social intelligence of student. Social intelligence is important for students and the future of students, therefore it is necessary to know the things that influence it. This type of research is ex post facto correlation with a quantitative approach. The population is 42 students and the sample is 42 students using saturated sampling technique. Data collection techniques are observation, interviews, questionnaires, and documentation. The data collection instrument was a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis using simple linear regression. The results showed that there was a positive and significant influence between scouting extracurriculars on students' social intelligence. Keywords: extracurricular scouting, social intelligence
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2301614074 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 03:20 |
Terakhir diubah: | 14 Jun 2023 03:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72100 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |