PENGEMBANGAN APLIKASI RUTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI MELINTING BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X DI SMKN 3 BANDAR LAMPUNG

Ade , Liesna Carin Aliya (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI RUTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TARI MELINTING BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X DI SMKN 3 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1._ABSTRAK[1].pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] File PDF
2._SKRIPSI_FULL[1].pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3._SKRIPSI_TANPA_BAB_PEMBAHASAN[1].pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan aplikasi Ruting sebagai media pembelajaran tari melinting berbasis android. (2) mendeskripsikan kelayakan aplikasi Ruting untuk digunakan pada pembelajaran seni budaya khususnya pembelajaran tari. (3) mendeskripsikan kepraktisan dan kemudahan aplikasi Ruting yang telah dikembangkan untuk guru dan siswa di sekolah SMKN 3 Bandar Lampung. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) yang betujuan untuk menghasilkan sebuah produk yang bernama Ruting yaitu rumah Melinting dengan melalui tahapan 4D yaitu : (define, design, develop, dessiminate). Data dalam penelitian ini diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara dan observasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Sedangkan data kuantitatif berupa pengisian angket atau kuesioner oleh ahli media, ahli materi, guru dan siswa di SMKN 3 Bandar Lampung, yang dianalisis secara deskriptif dengan teknik rentang nilai dan kategorisasi. Selanjutnya kedua data tersebut dikonversikan dengan menggunakan skala lima. Hasil penilaian kelayakan pada aplikasi Ruting yang dilakukan oleh kedua ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori “Sangat Baik” dan penilaian dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,84 dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya untuk kepraktisan dan kemudahan aplikasi yang telah digunakan oleh guru diperoleh hasil sebesar 4,78 dengan kategori “Sangat Baik” sedangkan penilaian dari siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,68 bahwa aplikasi Ruting “Sangat Baik” Kata Kunci : Pengembangan, Aplikasi Ruting, Media Pembelajaran, Tari Melinting.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301291688 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:38
Terakhir diubah: 14 Jun 2023 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72143

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir