Ririn Noviyanti, 1013024057 (2015) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 02 Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (423Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (448Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran berlangsung secara efektif. Pembelajaran efektif dapat tercipta bila siswa dapat secara kritis menanggapi hal-hal yang dikemukakan atau dipertanyakan oleh guru, sehingga mereka dapat menemukan hakikat aktivitas yang mereka lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap berikir kritis siswa pada materi pokok Ekosistem. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu data kemapuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-t dengan program SPSS 17 pada taraf kepercayaan 5%, sedangkan data kualitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dengan menggunakan Lembar observasi KPS dan dianalisis secara deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C dengan jumlah 31 orang dan VII D dengan jumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 30,04; kontrol = 29,38). Rata-rata persentase KPS siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 71,50; kontrol = 70,68). Sebagian besar siswa sebanyak 77% memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk meningkatan kemapuan berpikir kritisnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan KPS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Ekosistem
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QR Microbiology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2681893 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 03:02 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2015 03:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7222 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |