PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 02 Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2013/2014)

Ririn Noviyanti, 1013024057 (2015) PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 02 Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran berlangsung secara efektif. Pembelajaran efektif dapat tercipta bila siswa dapat secara kritis menanggapi hal-hal yang dikemukakan atau dipertanyakan oleh guru, sehingga mereka dapat menemukan hakikat aktivitas yang mereka lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap berikir kritis siswa pada materi pokok Ekosistem. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu data kemapuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-t dengan program SPSS 17 pada taraf kepercayaan 5%, sedangkan data kualitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dengan menggunakan Lembar observasi KPS dan dianalisis secara deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C dengan jumlah 31 orang dan VII D dengan jumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 30,04; kontrol = 29,38). Rata-rata persentase KPS siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 71,50; kontrol = 70,68). Sebagian besar siswa sebanyak 77% memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk meningkatan kemapuan berpikir kritisnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan KPS efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Ekosistem

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QR Microbiology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 2681893 . Digilib
Date Deposited: 23 Feb 2015 03:02
Last Modified: 23 Feb 2015 03:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7222

Actions (login required)

View Item View Item