RARASATI , KOMALA DEWI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 2 MARTAPURA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1897Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1311Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan guided inquiry learning berbantuan virtual laboratorium terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 2 Martapura. Sampel pada penelitian ini yaitu, peserta didik kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 2 Martapura tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan jenis non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan yaitu, lembar tes soal uraian. Pembelajaran dengan menerapkan guided inquiry learning berbantuan virtual laboratorium berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik hal ini terlihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,54 lebih tinggi dari nilai rata-rata N-gain pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan kemampuan berpikir kritis yang paling tinggi adalah pada indikator basic support (membangun keterampilan dasar) hal ini karena dalam pembelajaran guided inquiry learning berbantuan virtual laboratorium peserta didik dibimbing secara bertahap sehingga peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dasarnya. Namun dalam indikator yang lain masih belum tercapai secara maksimum yaitu advance clarification (memberikan penjelasan lebih lanjut) dan strategy and tactics (mengatur strategi dan taktik) yang disebabkan dikarenakan kebiasaan peserta didik dalam pembelajaran sebelumnya yang hanya menyelesaikan masalah sampai mendapatkan hasil, dimana hasil yang diperoleh dianggap tidak begitu penting untuk diinterpretasi. Kata Kunci: Guided Inquiry Learning, Virtual Laboratorium, Kemampuan Berpikir Kritis
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301280211 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 01:19 |
Terakhir diubah: | 15 Jun 2023 01:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72240 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |