PEMANFAATAN HORMON ESTRADIOL SEBAGAI SELEKSI CORAK TEMPORER PEACOCK BASS MONOCULUS Cichla monoculus (Spix & Agassiz, 1831)

M. Rizkianto, Ramadhan (2022) PEMANFAATAN HORMON ESTRADIOL SEBAGAI SELEKSI CORAK TEMPORER PEACOCK BASS MONOCULUS Cichla monoculus (Spix & Agassiz, 1831). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1956Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN (1).pdf

Download (1543Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peacock bass merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar dari golongan ikan predator yang memiliki banyak peminatnya. Corak pada tubuh ikan ini memiliki daya tarik di mata para pehobi ikan hias predator. Warna tubuh yang menarik dengan corak tiga garis vertikal berwarna hitam menjadi ciri khas ikan ini. Masalah yang dihadapi dalam komoditas ikan ini ialah belum banyak pembudidaya yang mengetahui metode untuk memilih ikan dengan kualitas corak yang bagus pada ukuran benih. Hal ini karena corak asli ikan ini akan terlihat saat usia minimal satu tahun. Namun demikian, terdapat metode untuk dapat memprediksi corak ikan ini pada ukuran benih, yaitu dengan perlakuan khusus menggunakan hormon estradiol. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dosis hormon estradiol yang dapat mempercepat munculnya corak tubuh peacock bass monoculus. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan tiga ulangan, perlakuan 1 (hormon estradiol 0 ml/l), perlakuan 2 (hormon estradiol 0,05 ml/l), perlakuan 3 (hormon estradiol 0,1 ml/l), perlakuan 4 (hormon estradiol 0,15 ml/l). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji tanda dan analisis sidik ragam kemudian diuji lanjut dengan uji Duncan. Berdasarkan analisis statistik hormon estradiol dengan dosis berbeda memberikan pengaruh berbeda nyata (p<0,05) terhadap skoring corak dan kelangsungan hidup. Hormon estradiol dengan dosis berbeda tidak memberikan pengaruh berbeda nyata (p>0,05) terhadap bobot dan panjang mutlak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Budidaya Perairan
Pengguna Deposit: 2301973547 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:12
Terakhir diubah: 16 Jun 2023 01:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72262

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir