AFIFATUR , ROHMAH AL FARUQ (2023) PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN NOVEL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS XII SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3543Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2838Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah, yaitu bagaimana pengembangan LKPD pembelajaran novel berbasis pendekatan kontekstual untuk SMA dan kelayakannya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pembelajaran novel berbasis pendekatan kontekstual dan mendeskripsikan kelayakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R & D). Prosedur penelitian dilaksanakan dengan mengadopsi delapan dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall sehingga didapat produk berupa LKPD. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada dua sekolah di Provinsi Lampung yang meliputi SMAN 17 Bandar Lampung dan SMA Tamansiswa Teluk Betung pada tahun pelajaran 2022/2023. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media yang relevan dan penilaian teman sejawat. Pengembangan LKPD yang dilakukan menghasilkan sebuah produk LKPD berbasis kontekstual untuk siswa SMA kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “LKPD apresiasi novel berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak digunakan oleh siswa kelas XII SMA. Kelayakan hasil produk, yang dilakukan oleh ahli, yakni pada ahli materi sebesar 88,2 (sangat layak), ahli media sebesar 90,85 (sangat layak), dan praktisi sebesar 86,4 (sangat layak). Berdasarkan perhitungan hasil pretesi, posttest, dan N-gain, LKPD pembelajaran novel berbasis kontekstual dinyatakan memperoleh nilai maksimal di SMA Negeri 17 Bandar Lampung, dan n-gain sebesar 0,7 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk SMA Taman Siswa memperoleh skor postest (90) dengan nilai skor rata-rata n-gain 0,6 termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci:, , kontekstual, LKPD, novel, pengembangan This research was conducted based on the formulation of the problem, namely how to develop contextual approach-based novel learning worksheets for SMA and its feasibility. The purpose of this study was to produce Student Activity Sheets (LKPD) for appreciation of novels based on a contextual approach and describe their feasibility. The method used in this research is development or Research and Development (R & D). The research procedure was carried out by adopting eight of the ten steps in the research and development procedure according to Borg and Gall so that operational products in the form of LKPD are obtained. This research was carried out through observation, interviews, and questionnaire distribution in two schools in Lampung Province, including SMAN 17 Bandar Lampung and SMA Tamansiswa Teluk Betung in the 2022/2023 academic year. Product design validation is carried out by relevant experts and peer assessment. The results of of research and discussion can be concluded that of research and discussion can be concluded that "Contextual approach-based novel appreciation worksheets were declared appropriate is stated tobe used by grade XII high school students. The feasibility of the trial results, which were carried out by experts, namely material practitioner 88.2 (very feasible), media practitioner 90.85 (very feasible), and practitioner 86.4 (very feasible). Keywords: contextual, LKPD, novel, development
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 2301192353 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 01:21 |
Terakhir diubah: | 16 Jun 2023 01:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72265 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |