PERANCANGAN APLIKASI PEMINJAMAN SEPEDA DI UNIVERSITAS LAMPUNG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE AGILE SCRUM

Fiona Yovita, Syafri (2023) PERANCANGAN APLIKASI PEMINJAMAN SEPEDA DI UNIVERSITAS LAMPUNG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE AGILE SCRUM. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK_SKRIPSI_Fiona Yovita Syafri_1915061033.pdf

Download (3792Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL_Fiona Yovita Syafri_1915061033.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3669Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_Fiona Yovita Syafri_1915061033.pdf

Download (3789Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peminjaman sepeda merupakan salah satu fasilitas untuk menunjang mobilitas kampus untuk bepergian dari satu fakultas ke fakultas lain. Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi peminjaman sepeda dengan adanya otentikasi pengguna menggunakan Single Sign-On Unila. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem peminjaman sepeda online berbasis android untuk Universitas Lampung. Aplikasi ini menyediakan informasi mengenai shelter peminjaman, jumlah sepeda yang tersedia dan status peminjaman sepeda oleh pengguna. Metode yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi peminjaman sepeda ini adalah metode Agile Scrum. Pengembangan aplikasi dilakukan selama 4 sprint yang berdurasi selama 40 hari dengan total 20 backlog. Proses pengujian aplikasi dilakukan dengan metode black box testing dengan total 15 skenario pengujian. Hasil pengujian black box menyatakan bahwa seluruh skenario menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga, didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi peminjaman sepeda yang dikembangkan sudah berjalan sesuai kebutuhan fungsional dan non-fungsional nya. Kemudian dilakukan User Experience Questionnaire ke civitas akademika Unila. Hasil UEQ menyatakan bahwa dari 6 kategori, yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty mendapat nilai Excellent atau sangat baik dengan nilai tertinggi yaitu 2.375 pada kategori perspicuity.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2301404549 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:42
Terakhir diubah: 16 Jun 2023 01:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir