PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

Indah Hakim P.S., 1013030038 (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (242Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (575Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Efektivitas proses pembelajaran terletak dipundak guru, tanpa kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran maka kegiatan pengajaran tidak dapat berlangsung dengan baik dan sulit untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Banyaknya siswa di SMA Al-Azhar 3 yang memiliki suku berbeda dan kebudayaan yang berbeda juga terkadang sering menimbulkan perbedaan pendapat dan berprasangka buruk terhadap siswa lain yang memiliki suku yang berbeda. Pembelajaran berbasis multikultural merupakan proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa agar memiliki mental atau karakteristik terbiasa hidup ditengah-tengah perbedaan yang sangat kompleks, baik perbedaan budaya, ras dan etnik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014?”.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data,observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah terdiri dari lima tahapan yaitu : study eksplorasi diri dan lingkungan, presentasi hasil eksplorasi, peer group analysis, expert opinion dan refleksi. Hasil belajar siswa ranah afektif pada eksperimen pertama rata-ratanya 56, rata-rata eksperimen kedua adalah 59 dan rata-rata eksperimen ketiga adalah 64 dengan persentase sebesar 71% menjadi 79% dan 86% sehingga ada peningkatan sebesar 15% dengan kategori rendah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 0803979 . Digilib
Date Deposited: 24 Feb 2015 02:49
Terakhir diubah: 24 Feb 2015 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir