EFIKASI EKSTRAK RIMPANG KUNYIT (Curcuma longa Linn.) TERHADAP PERTUMBUHAN Colletotrichum capsici DAN PERKEMBANGAN PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA CABAI MERAH (Capsicum annum L.)

DESMA , ANGGRAINI (2023) EFIKASI EKSTRAK RIMPANG KUNYIT (Curcuma longa Linn.) TERHADAP PERTUMBUHAN Colletotrichum capsici DAN PERKEMBANGAN PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA CABAI MERAH (Capsicum annum L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (384Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1791Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1487Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Colletotrichum capsici merupakan penyebab penyakit antraknosa pada buah cabai merah. Gejala infeksi C. capsici pada buah cabai adalah bercak hitam, membusuk, dan rontok sehingga mempengaruhi kualitas fisik buah cabai. Pengendalian penyakit dengan fungisida nabati ekstrak rimpang kunyit berpotensi dapat menekan pertumbuhan C. capsici. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efikasi ekstrak rimpang kunyit terhadap pertumbuhan C. capsici secara in vitro dan perkembangan penyakit antraknosa secara in vivo. Percobaan dilakukan dengan disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan aplikasi ekstrak rimpang kunyit secara in vitro dan in vivo dan setiap perlakuan diulang 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak rimpang kunyit efektif menghambat pertumbuhan C. capsici yang diamati pada penurunan diameter koloni, kerapatan spora, dan viabilitas. Ekstrak rimpang kunyit menghambat penyakit antraknosa pada buah cabai. Kata kunci : Colletotrichum capsici, cabai merah, rimpang kunyit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Proteksi Tanaman
Pengguna Deposit: 2301733757 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:54
Terakhir diubah: 16 Jun 2023 01:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72290

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir