ANALISIS KESALAHAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL REPRESENTASI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

HANA , ALMIRA (2023) ANALISIS KESALAHAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL REPRESENTASI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1913Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1420Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan matematis siswa dalam menyelesaikan soal representasi persamaan dan pertidaksaman linear satu variabel. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa sekolah menengah pertama yang telah mendapatkan pembelajaran persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang kesalahan matematis siswa yang diperoleh melalui tes hasil belajar dan wawancara. Analisis dilakukan melalui 3 aktivitas yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini, ditemukan beberapa kesalahan utama yang perlu dijadikan perhatian karena banyaknya siswa yang melakukan kesalahan tersebut. Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa pada penelitian ini ialah kesalahan konsep pada indikator menafsirkan dan menggunakan konsep yaitu dalam hal mendefinisikan variabel sebagai suatu peubah yang memiliki nilai dan dapat berubah dalam suatu cakupan soal atau himpunan operasi yang diberikan. Kesalahan berikutnya, ialah banyaknya kesalahan prinsip pada indikator kesalahan dalam menggunakan teorema atau sifat yaitu dalam hal kesalahan menyamakan kedua ruas karena menggunakan metode cepat yang disebut oleh siswa sebagai “pindah ruas” akibat tidak memahami prinsip menyamakan kedua ruas yaitu dengan memberikan perlakuan atau operasi yang sama pada kedua ruas. Selain itu, terdapat juga beberapa siswa yang memiliki kecenderungan untuk menyelesaikan ruas kanan dan mengabaikan ruas kiri, karena masih menganggap tanda “=” hanya berfungsi untuk menunjukkan sebuah jawaban, bukan sebagai tanda yang menunjukkan relasi ekuivalen antara ruas kiri dengan ruas kanan. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Jenis Kesalahan, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301442159 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:23
Terakhir diubah: 16 Jun 2023 02:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72301

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir